Translate

Minggu, April 10, 2011

HIJAU JAMBU

Seumpama apa aku uraikan cintaku kepada kamu ,kekasihku. Seperti hijau jambu yang merekah, cintaku memerah dan berkah. Seumpama apa aku tuliskan kesetian janjiku kepada kamu, kekasihku. Seperti hujan pertama yang menggoresi batu-batu aromanya membangkitkan memori musim tanam yang telah lama dinantikan. Seumpama apa aku tunaikan cintaku yang tulus kepada kamu, kekasihku. Seperti biji pada bumi basah, mengecambahkan akar yang kuat ke kedalaman dan meninggikan batang ke ketinggian.

Di gembung pentil yang memutih serombongan semut hitam menyusu gula-gulaku. Semut-semut kecil yang bernasib kecil dan sekali tiup akan bergelimpangan. Sekali sergap akan kelimpungan. Sekali gepuk geleparkan kematian. Tapi aku jambu air yang membiarkan binatang mungil sembunyi di balik kelopak dan bulu yang hitam. Karenanya maka, tuan dapat memastikan bahwa manis yang aku kandung hanya untuk persembahan bagi tuan tersayang.

Di batang yang kehitaman aku kekalkan waktu yang kian senja. Di tulang-tulangku yang tak berguna hanya tungku yang menunggu. Menunggu pembakaran berras anyi di atas tungku yang biru. Beras yang akan menjadi gumpalan-gumpalan cahaya. Gumpalan yang akan meledakkan perut malam.

2011

Tidak ada komentar: